Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

Tips Mengerjakan PTS di Rumah

Halo Sanuriaan!!              
Tidak terasa sekarang sudah jalan setengah semester. Artinya, kita akan memasuki PTS (Penilaian Tengah Semester)!! Apa kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik? Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini PTS juga akan dilakukan dari rumah secara online. Di artikel ini, akan dibagikan beberapa tips untuk kamu yang akan mengerjakan PTS di rumah.

1. Pastikan Kamu Sudah Menguasai Semua Materi

Sumber : freepik.com

Tentu saja kamu harus menguasai semua materi dengan belajar, mengikuti semua kelas dengan baik dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tidak mungkin kamu berperang tanpa persiapan, bukan?

Mulai kembali membuka buku pelajaranmu, catat dan pahami semua materi. Tidak dianjurkan bagi kamu untuk belajar secara dadakan, ini akan menyebabkan materi akan menumpuk tiba-tiba dan bisa menyebabkan stress.

2. Cek Jadwal Ujian

Sumber : freepik.com

Jadwal ujian berguna bagi kamu untuk mengatur jadwal belajar, karena jadwal ujian akan diberikan jauh hari sebelum ujian. Kemudian ini juga akan membantu kamu untuk mengatur waktu yang diperlukan dalam simulasi mengerjakan soal sehingga kamu bisa menyelesaikannnya tepat waktu.

Tempatkan jadwal ujian di meja belajarmu agar kamu tidak akan lupa jadwal ujian esok hari.

3. Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Sumber: freepik.com

Sama seperti kamu bangun pagi untuk sekolah secara daring, kamu juga harus menerapkannya untuk ujian, dengan demikian kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan baik dan tidak tergesa-gesa dalam mengikuti ujian. Jangan lupa sarapan dan berpakaian rapi agar menambah semangat dan konsentrasimu dalam mengerjakan ujian.

Kamu bisa memanfaatkan waktu pagi untuk mengulang kembali materi yang sudah kamu pelajari agar lebih fresh dan menyempatkan diri berolahraga.

Ini juga berlaku untuk waktu istirahat malam. Dalam mempersiapkan ujian, tidak akan luput dari begadang, ini akan memberikan efek negatif untuk kesehatan tubuh. Waktu tidur yang kurang akan membuat kamu mejadi tidak segar untuk beraktivitas di pagi hari. Direkomendasikan kamu istirahat selama 6-8 jam.

4. Cari Tempat dan Suasana yang Kondusif

Sumber : freepik.com

Ini akan sangat kamu perlukan, sesuai dengan kekuatan jaringan internet. Kamu harus mencari tempat yang jaringan internetnya stabil. Jangan sampai kamu kehabisan waktu hanya karena jaringan internetmu yang tidak stabil sehingga hasil yang kamu dapat tidak maksimal.

Tempat yang kondusif adalah tempat kamu merasa nyaman dan jauh dari gangguan lain, seperti suara dan pencahayaan. Dengen memilih tempat yang kondusif, maka akan meningkatkan konsentrasi kamu untuk mengerjakan ujian.

5. Mempersiapkan Perlengkapan dengan Baik

Sumber : freepik.com

Bukan hanya sekedar kertas ujian, pena, handphone, dan laptop, karna kamu ujian secara daring, maka jangan lupa mempersiapkan juga perlengkapan seperti charger, headset (jikalau diperlukan), kertas oret-oret dan kuota cadangan.

6. Kerjakan Soal dengan Teliti

Sumber: freepik.com

Mengerjkan soal dengan teliti dimulai dari membaca petunjuk ujian dengan cermat, mengerjakan soal yang kamu mampu terlebih dahulu dan jangan lupa untuk mengeceknya kembali sebelum mengumpulkan.

Ketika kamu ujian secara daring, maka ada banyak kesempatan buat kamu untuk tidak teliti, seperti dilanda malas dalam melakukan pengecekan kembali, terburu-buru, dan tidak teliti karena kurang fokus yang hanya melihat layar laptop terus-menerus.

Jangan lupa, bahwa hasil ujian secara daring dan tatap muka di kelas adalah sama.

7. Jujur dan Disiplin

Sumber : freepik.com

Bagi kamu anak-anak Sanur, maka tidak asing lagi dengan kata jujur. Ujian secara daring artinya guru-guru kamu tetap percaya bahwa kamu mengerjakan ujianmu dengan jujur dan tidak mencontek.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi PTS secara daring. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan!!

SERVIAM!!!